9 Fakta Menarik Wacana Dogma Yang Berkembang Pada Masyarakat Makassar


9 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Makassar – Hai SAhabat Segala Fakta, Kali ini kita akan membahas wacana Fakta Menarik Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Makassar. Langsung dibaca yuk :

 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Makassar 9 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Makassar
9 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan Yang Berkembang Pada Masyarakat Makassar. Foto : CoretanZone.id


Fakta 1 : Masyarakat ada Makassar sebelum mengenal agama, telah mengenal adanya kepercayaan wacana dewa-dewa, diantaranya : Dewa sere’a, Dewa dunia, Dewa paratiwi.

Fakta 2 : Dewa Sere’a (dewa langit) diyakini merupukan yang kuasa tertinggi yang bersemayam di Boting langit (Langit tertinggi).Pemujaan terhadap yang kuasa langit dilakukan di bab atas rumah atau sambulayang dengan upacara abbuak.

Fakta 3 : Dewa dunia diyakini oleh masyarakat Makassar yaitu yang kuasa yang bertugas mengatur dunia. Pemujaan terhadap yang kuasa dunia diakukan di tiang tengah rumah atau pocci balla, sedangkan upacaranya disebut attoana.

Fakta 4 : Dewa Paratiwi, diyakini oleh masyarakat Makassar yaitu yang kuasa yang bersemayam di bawah maritim atau sungai (uruliyu). Pemujaan terhadap yang kuasa paratiwi dilakukan di maritim atau di sungai.

Fakta 5 : Oleh alasannya yaitu itu masyarakat susila Makkasar mempunyai kebiasaan membangun rmah dengan tiga tingkat, alasannya yaitu sanggup dimanfaatkan oleh menyelenggarakan upacara-upcara adat.

Fakta 6 : Di Samping percaya kepada dewa-dewa, masyarakat susila Makassar mempercayai adanya makhluk-makhluk halus yang menghuni pohon-pohon, batu-batu besar, dan tempat-tempat yang dikeramatkan.

Fakta 7 : Masyarakat makkasar juga mempercayai adanya benda-benda yang mempunyai kekuatan mistik atau jimat.

Fakta 8 : Mereka juga mempercayai bahwa gerak tertentu pada binatang maupun flora sanggup ditafsirkan untuk memperoleh maknanya, misal sebagai menunjukan akan terjadinya sesuatu peristiwa.

Fakta 9 : Masyarakat susila juga mempercayai adanya hari baik dan hari buruk, sehingga penyelanggaraan sesuatu upacara atau kegiatan besar harus diperhitungkan pemilihan waktunya.

Demikianlah 9 Fakta Menarik Tentang Kepercayaan yang berkembang pada masyarakat Makkasar. Semoga sanggup menambah wawasan anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "9 Fakta Menarik Wacana Dogma Yang Berkembang Pada Masyarakat Makassar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel